Rabu, 30 September 2009

APRESIASI TEATER

PENGALAMAN SENI
Ketika saya berlibur pada bulan ramadhan tahun ini, saya merasa sangat senang karena bias berkumpul dengan keluarga. Walaupun berlibur , namun kegiatan belajar tetap berlangsung namun ditempat yang berbeda yakni dirumah masing-masing. Artinya banyak tugas yang menanti. Tak apalah, yang pentiing libur.
Salah satu tugas yang minta dikerjain ya inilah. Membuat pengalaman seni selama liburan. Oleh karena itu, maka saya akan berbicara tentang tradisi di daerah saya yakni randai. Saya berperan sebagai apresiator sebuah kesenian yang sangat kompleks sekali didalamnya, ada seni teater, seni music, seni tari dengan judul “nilam sari”. Saya sangat salut terhadap pemain randai yang masih meneruskan tradisi kita. Saya juga sangat suka dengan penampilan bujang gadi ( laki-laki yang memakai pakaian perempuan.).
Hari Raya Enam. Disebut deikian karena, kita berpuasa selama lima hari dan pada hari keenam kita merayakannya. Makanya disebut hari raya enam.
Perayaannya dilakukan secara meriah dan tak kalah disbanding hari raya idul fitri. Pada hari raya itu diadakan perkumpulan antar suku, ada suku 5 kampung, suku 3 kampung, suku melayu dan suku cemin. Perkumpulan itu dimaksudkan agar para penerus mengetahui ninikmamaknya.
Perayaannya sangat meriah, gimana enggak sebelum berkumpul di rumah koto saja kita sudah berebut sampek-sampek yang isinya makanan dan kain, sehabis berkumpul diadakan pula panjat pinang. Dan sorenya ada juga panjat pinang.
Begitu seronoknya perayaan ini, saya berharap tradisi ini semakin kemilau saja dan bisa menjadi tuan di rumah sendiri. Hidup Indonesia ! Hidup Tradisi dan Budayanya!

0 komentar:

Posting Komentar

 

TIARA BELLA PRATIWI | Designed by www.rindastemplates.com | Layout by Digi Scrap Kits | Author by Your Name :)