Selasa, 13 Oktober 2009

HALAL BI HALAL

As,Wr,Wb.

Halal bi halal adalah tradisi sekarang ini, walaupun pada Rasulullah tidak ada tapi patut kita kembangkan. hal ini disebabkan karena dengan Halal Bi halal tersebut kita bisa menjalin silaturahmi sesama umat muslim.

Kegiatan halal bilhalal sebenarnya tidak berbeda dengan silaturahim. Yang membedakan, di dalam halal bilhalal ada kewajiban untuk saling maaf-memaafkan dan bersalaman dalam sebuah acara yang khusus diselenggarakan untuk itu. Ini sesuai dengan Kamus Besar Bahasa Indonesia yang memberikan definisi halal bilhalal sebagai ”Hal maaf-memaafkan setelah menunaikan ibadah Ramadhan, biasanya dadakan di sebuah tempat (auditorium, aula, dsb) oleh sekelompok orang”.

Kini, halal bilhalal telah menjadi ritual yang sepertinya menjadi keharusan pascalebaran. Acara ini dilakukan mulai dari instansi-instansi swasta dan pemerintah, organisasi, hingga lingkungan rukun tetangga. Di ibukota, aktivitas hari pertama masuk kantor umumnya adalah halal bilhalal antara pimpinan dan karyawan, antara atasan dan bawahan. Ormas-ormas ke daerahan di ibukota juga menjadikan halal bilhalal sebagai agenda wajib di bulan Syawal.

Jika halal bilhalal diselenggarakan sebagai kegiatan silaturahim, tentu banyak manfaat dan pahala yang akan diperoleh. Rasulullah SAW menyatakan bahwa dengan bersilaturahmi maka para pelakunya akan dimurahkan jalan-jalan rezekinya dan dipanjangkan umurnya.

hal demikian juga dilakukan oleh civitas akademika SMA Pintar yang pada tanggal 9 oktober lalu mengadakan halal bi halal di musallah Babusalam desa jake.

pada saat itu SMA Pintar mengundang Al Ustadh Lasmiadi. beliau memberikan pencerahan bagi kami semua. selain itu beliau juga mengajak kami semua untuk bersalawat yang membuat bulu kudukku merinding, begini bunyinya :

Ahmadiyah habibi ahmadiyah habibi ahmadiyah habibi ya habibi bi salam ‘alaika salam ‘alaika i

begitu indahnya acara silaturahmi ini. semoga acara ini tetap berlanjut kedepan..

0 komentar:

Posting Komentar

 

TIARA BELLA PRATIWI | Designed by www.rindastemplates.com | Layout by Digi Scrap Kits | Author by Your Name :)